Selasa, 16 Juli 2013

SMAN 3 Malang Kembangkan Lab Agama, Dikagumi Dirjen Pendis Kemenag RI

Kunjungan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof Dr H Nur Syam M.Si beserta rombongan pejabat ke Kota Malang disambut Kasi PAIS Kemenag Kota Malang Drs. Muhammad Arifin, M.Pd. Dirjen Pendis mengunjungi Lab Agama SMAN 3 Malang, Sabtu (6/7/2013). Nur Syam pun mengaku kagum melihat fasilitas yang ada di laboratorium tersebut. Bahkan ia berharap bisa mengajak madrasah untuk memiliki Lab Agama seperti SMAN 3 Malang. ”Madrasah perlu belajar banyak bagaimana mengembangkan lab agama seperti SMAN 3, sehingga pembelajaran agama bisa lebih menarik,” ungkap Nur Syam.
Inovasi menarik di SMAN 3 ini menurutnya perlu ditiru karena kedepan pembelajaran agama tidak hanya berbicara masalah kognitif saja. Tapi juga memberikan pemahaman aplikatif kepada siswa. Lab Agama SMAN 3 Malang menurutnya memiliki fasilitas yang serba modern. Beliau juga mengungkapkan biasanya Lab Agama identik dengan hal-hal yang berbau tradisional. Misalnya saja praktik memandikan jenazah, atau kegiatan lainnya. Sementara di lab agama SMAN 3, pengunjung bisa belajar agama melalui IT.




Lab Agama SMAN 3 Malang juga dilengkapi dengan sejumlah koleksi buku pilihan yang bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap Agama Islam. Koleksi didalamnya khusus buku dan kitab tentang Agama Islam. Selain itu ada juga fasilitas internet dengan layanan kitab digital bernama Al Muktabah As Syamilah. Kitab digital ini berisikan semua kitab berbagai ilmu, Al Qur'an dan tafsir dari berbagai ulama tafsir.
Di lab ini juga disiagakan seorang guru yang bisa menjadi pembimbing anak untuk berdiskusi mengenai berbagai permasalahan di masyarakat. “Dengan fasilitas lab agama ini diharapkan siswa SMAN 3 Malang memiliki wawasan keagamaan yang bagus dan benar,” ungkap Kepala SMAN 3 Malang, H.M. Sulthon, M.Pd.
Selain mengunjungi Lab Agama, rombongan Dirjen Pendis beserta Direktorat PAI juga meninjau fasilitas lainnya di SMAN 3 Malang.