Sabtu, 20 Juli 2013

Prosedur Melakukan Verifikasi dan Validasi NUPTK 2013

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2013, situs Layanan PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP telah resmi dirilis. BPSDMPK-PMP sendiri telah mengeluarkan surat nomor 9693/JI/LL/2013 tanggal 16 Mei 2013 perihal Integrasi Program Pendataan dan Pemetaan Mutu yang ditujukan kepada Kepala LPMP di seluruh Indonesia. 

Isi dari surat tersebut adalah sbb:
  1. Program Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2013 merupakan Integrasi antara Sistem NUPTK dan EDS dengan menggunakan sistem PADAMU NEGERI (Pangkalan Data Penjaminan Mutu Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia).
  2. Akun LPMP, Kabupaten, Sekolah dalam bentuk CD telah didistribusikan ke LPMP, selanjutnya LPMP mendidtribusikan ke Kabupaten dan Sekolah.
  3. Sistem PADAMU NEGERI sudah mulai bisa diakses pada tanggal 1 Juni 2013 dengan menggunakan Akun yang telah diberikan, dan mulai bisa melakukan Verifikasi dan Validasi NUPTK.
  4. Pengajuan NUPTK baru, bisa mulai dilakukan pada Minggu ke-empat bulan Juni 2013.
Meski akun pada Sistem PADAMU NEGERI baru bisa diakses mulai awal Juni 2013, tak ada salahnya para PTK mulai mempelajari Prosedur melakukan Verifikasi dan Validasi NUPTK secara Online.



ALUR 01 - PENGAMBILAN & PENYERAHAN FORMULIR A01 / A02 / A03 / A04
  1. Unduh Formulir NUPTK-A01
  2. Setelah Formulir A01 berhasil diunduh, isi data dengan lengkap sesuai petunjuk. Pengisian bisa diketik komputer, atau ditulis manual dengan menggunakan Huruf Kapital. Setelah itu, minta tanda-tangan Kepala Sekolah sekaligus stempel resmi sekolah. Berkas yang dilampirkan adalah Foto Berwarna 4x6 1 lembar, 1 lembar Foto Copy Akte Kelahiran, 1 lembar Fotocopy Ijazah SD, 1 lembar fotocopy ijazah terakhir, 1 lembar fotocopy SK Pengangkatan Kepegawaian.
  3. Formulir yang sudah diisi diserahkan kepada Admin Sekolah.
  4. Setelah berkas divalidasi Admin Sekolah, PTK akan mendapatkan Tanda Bukti VerVal Lv.1
ALUR 02 - AKTIVASI AKUN & PENGISIAN FORMULIR ONLINE
  1. Setelah mendapatkan Tanda Bukti VerVal Level 1 dari Admin/Petugas. PTK melakukan pengisian Formulir Data Rinci secara online pada situs http://padamu.siap.web.id. Akun untuk login dan mengakses formulir online tersebut tertera didalam Tanda Bukti VerVal Lv.1
  2. Data yang harus diisikan saat Online adalah : o Melengkapi Formulir Isian EDS (Evaluasi Diri Sekolah). o Melengkapi Data Rinci NUPTK. o Mencetak Lembar Pengajuan VerVal Level 02.
ALUR 03 - VERIFIKASI & VALIDASI (VerVal) FORMULIR A02 / A03 / A04
  1. Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Dinas Pendidikan setelah menerima Formulir A02 / A03 / A04 dari PTK.
  2. Setelah formulir diverifikasi, petugas memberikan Formulir A01 untuk PTK yang menyerahkan Formulir A02 & A03, sedangkan untuk PTK yang menyerahkan Formulir A04 (Pengawas Sekolah), petugas memberikan Tanda Bukti VerVal lv.1
ALUR 04 - VERIFIKASI & VALIDASI (VerVal) FORMULIR A01
  1. Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Sekolah setelah menerima Formulir A01 dari PTK.
  2. Setelah formulir diverifikasi, petugas memberikan Tanda Bukti VerVal lv.1 kepada PTK.
  3. Jika data PTK tidak ditemukan dalam sistem, maka petugas memberikan Formulir A02 kepada PTK.
ALUR 05 - VERIFIKASI & VALIDASI (VerVal) FORMULIR ONLINE & BERKAS
  1. Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Sekolah maupun di lokasi Dinas Pendidikan, setelah menerima Pengajuan VerVal berupa KODE VerVal dari PTK.
  2. Setelah melakukan verifikasi dan validasi hasil isian PTK, petugas memberikan Tanda Bukti VerVal Lv. 2 kepada PTK.
Demikian gambaran sekilas tentang Alur Verifikasi dan Validasi NUPTK 2013. 


Cara Unduh Formulir NUPTK-A01

Bisa di unduh melalui link berikut padamu.siap.web.id Untuk melakukan Verifikasi dan Validasi NUPTK 2013, Anda harus meng-unduh Formulir NUPTK-A01 secara online. Berikut caranya :
  1. Masuk ke Situs PADAMU NEGERI dengan mengklik Unduh Formulir A-01
  2. Ketik Nama/NUPTK Anda pada kolom NUPTK, kemudian Ketik Kota Sekolah Induk serta Klik Cari Data. Tunggu beberapa saat, jika berhasil NUPTK dan data Anda akan ditampilkan.
  3. Detil digunakan untuk melihat Data awal Anda secara detail. Unduh digunakan untuk meng-unduh Formulir NUPTK-A01.
  4. Klik Unduh untuk melakukan download Formulir NUPTK-A01. Tunggu beberapa saat sampai proses download selesai. Hasil Formulir yang didownload telah berisi data awal berupa nama dan NUPTK.
  5. Setelah berhasil melakukan download. Isi data Anda dengan benar sesuai petunjuk. Setelah itu minta tanda-tangan Kepala Sekolah dan stempel resmi sekolah, lampiri dengan berkas yang dibutuhkan, dan serahkan kepada Admin Sekolah untuk divalidasi.